Deklarasi Dusun Siaga Parma Sentana Dusun Sungapan di Meriahkan Dengan Senam dan Jalan Sehat

29 Januari 2019 14:35:45 WIB

KabArgodadi.Minggu (27/01/2019). Halaman Balai Dusun Sungapan pagi itu tampak didominasi warna merah putih, warna setelan pakaian olahraga Dusun Sungapan yang sedang menjalani giat senam pagi dan jalan sehat dalam rangka Deklarasi Dusun siaga yang dilaksanakan tepat pukul 07.00 WIB di Balai Dusun Sungapan.

Usai bersenam sehat, warga Sungapan mengikuti jalan sehat dengan rute  mengelilingi Dusun, dengan start dan finish dimulai dari halaman Balai Dusun Sungapan. Senyum dan canda tawa diantara peserta tampak menghiasi perjalanan menapaki jalur evakuasi Dusun siaga.

Fuady selaku Dukuh Sungapan menyatakan bahwa kegiatan senam Minggu pagi merupakan agenda rutin warga. Namun kali ini diikuti dengan jalan sehat menapaki jalur evakuasi. Sebab sebagai Dusun siaga, masyarakat setempat harus mengerti rute evakuasi yang harus dilewati untuk menuju tempat yang aman apabila bencana yang tidak diinginkan terjadi.

Kegiatan Senam dan Jalan Sehat tersebut merupakan rangkaian acara dalam rangka Deklarasi Dusun Siaga, dengan nama Dusun Siaga Parma Sentana Dusun Sungapan. 

Deklarasi dibacakan oleh Kepala Dusun Sungapan Fuady dan ditirukan warga pada pukul 09.00 WIB disaksikan oleh Muhammad Fauzan Muarifin (Camat Sedayu), Prayitno (Lurah Sedayu), dan Tokoh-Tokoh masyarakat serta warga Dusun.

Pada kesempatan itu dilaksanakan pula pengukuhan Pengurus Paguyuban Relawan  Dusun Siaga "Parma Sentana" oleh Camat Sedayu, usai memotong tali tanda peresmian Dusun Siaga.

"Parma Sentana adalah nama Dukuh pertama Sungapan. Kita jadikan nama Dusun Siaga yang bermakna Paguyuban Relawan Manunggal Sehat dan Tanggap Bencana," ungkap Fuady pada acara yang diramaikan senam sehat dan jalan sehat itu.

Dia menjelaskan, dibentuknya Dusun siaga bertujuan agar warga siap jika sewaktu-waktu datang bencana yang tidak diinginkan dan tanggap untuk mengevakuasi ke wilayah yang lebih aman.

"Hal ini juga bertujuan agar warga Dusun siaga cepat tanggap apabila ada orang sakit yang harus dibawa ke rumah sakit pada saat itu juga," pungkasnya.

 

Komentar atas Deklarasi Dusun Siaga Parma Sentana Dusun Sungapan di Meriahkan Dengan Senam dan Jalan Sehat

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License