Visi Misi

Administrator 01 April 2013 14:14:06 WIB

Visi Pemerintah Desa Argodadi

 

1. Visi Desa Argodadi

Visi lurah desa Argodadi untuk enam tahun mendatang (2014-2019) adalah menyelenggarakan pemerintahan yang bersih, transparan dan bertanggungjawab untuk mewujudkan masyarakat desa Argodadi yang demokratis,  mandiri,  sejahtera dan agamis serta berkesadaran lingkungan.

Visi tersebut mengandung pengertian bahwa pemerintah desa Argodadi berkeinginan mewujudkan kehidupan mandiri dan berkesejahteraan dalam kehidupan yang demokratis dengan menyelenggarakan pemerintahan yang bersih, transparan dan bertanggung jawab.

Makna dari masing-masing kata yang terdapat dalam visi tersebut adalah sebagai berikut

Bersih  dalam arti pemerintahan yang tulus dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan bebas dari kegiatan yang tercela.

Transparan dalam arti setiap kebijakan yang diambil dapat dipertanggung jawabkan kepada masyarakat luas dan dapat diakses oleh masyarakat.

Bertanggungjawab  dalam arti pemerintahan yang siap menanggung segala sesuatu yang terjadi sebagai akibat dari kebijakan yang dilaksanakan.

Demokratis dalam arti bahwa adanya kebebasan menyampaikan pendapat, namun juga mau menerima pendapat orang lain. Apabila terjadi perbedaan pendapat dimusyawarahkan dengan rasa tanggungjawab.

Mandiri dalam arti bahwa kondisi masyarakat Desa Argodadi  yang berdiri di atas kaki sendiri namun juga adanya kemitraan dengan kepada orang lain.

Sejahtera dalam arti bahwa kebutuhan dasar  masyarakat Desa Argodadi dapat tercapai baik secara lahir dan batin. Kebutuhan dasar tersebut berupa terpenuhinya kebutuhan akan pangan, sandang, papan, kesehatan, pendidikan, lapangan pekerjaan dan kebutuhan dasar lainnnya seperti lingkungan yang bersih, aman dan nyaman, juga terpenuhinya hak asasi dan partisipasi serta terwujudnya masyarakat agamis.   

Berkesadaran lingkungan dalam arti menjadikan kelestarian lingkungan sebagai dasar  atas segala kegiatan pembangunan yang dilaksanakan.

 

2. Misi Desa Argodadi

Misi merupakan langkah nyata yang dilaksanakan oleh  pemerintah desa Argodadi  dalam kegiatan ataupun pelayanan dan merupakan penjabaran dari visi yang telah ditetapkan.

Pernyataan visi merupakan cerminan tentang segala sesuatu yang akan dilaksanakan untuk mencapai gambaran kedepan yang diinginkan.

Misi Desa Argodadi dalam RPJMDes Tahun 2014-2019 adalah sebagai berikut :

  1. Mewujudkan pelayanan yang profesional melalui peningkatan tata kelola pemerintahan desa yang responsif, akuntabel dan transparan.
  2. Mewujudkan kehidupan sosial budaya yang dinamis rukun dan damai.
  3. Mengelola potensi dan daya dukung lingkungan untuk menciptakan peluang usaha
  4. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan yang berkesinambungan dan partisipasif.
  5. Meningkatkan dan memperluas jaringan kerjasama dengan instansi pemerintah dan swasta.

 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License