Kominfo Bantul Gelar Pertemuan KIM

Mukhtarom 08 Oktober 2020 10:35:22 WIB

KabArgodadi - Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Bantul menggelar pertemuan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), Selasa (6/10/2020). Bertempat di ruang rapat Mandala Saba Madya, Gedung Induk Lantai III Komplek Parasamya, pertemuan ini dihadiri oleh pengurus KIM se-Kabupaten Bantul, termasuk KIM Arga Pariwara Argodadi, dan Lurah Desa se-Kabupaten Bantul yang telah memiliki KIM. Pertemuan ini mengangkat tema Membangun Desa Digital dan Desa Wisata.

Rudy Nurhandoko, Kepala Bidang Kelembagaan Komisi Informasi Daerah DIY, selaku narasumber menyampaikan bahwa Pemerintah Pusat, dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informatika mendorong tumbuhnya Desa Digital di Indonesia. Ada tiga (3) poin penting untuk mewujudkan Desa Digital. Pertama, tersedianya Command Center sebagai satu pusat system desa digital untuk memantau dan pelayanan masyarakat. Yang ke dua adanya Smart Pole (tiang cerdas) yang dilengkapi dengan CCTV, WIFI, lampu otomatis serta sensor cahaya dan gerak, dan yang ke tiga adalah adanya aplikasi Panic Button yang di dalamnya tersedia tiga pilihan, di antaranya layanan keamanan, kesehatan dan pelayanan pengurusan berkas kependudukan dan keterangan surat izin.

Selain itu, Rudy juga menambahkan, KIM sebagai mitra kerja pemerintah daerah dalam menyebarluaskan informasi kebijakan public, sangat strategis sebagai penyambung aspirasi masyarakat yang bersifat bottom up atau sebaliknya. Walau KIM tidak memiliki hubungan hirarki dengan pemerintah tetapi memiliki hubungan dengan media informasi lainnya dalam memberikan layanan informasi kepada masyarakat.

Praktisi Teknologi Informasi dan Komunikasi, Eka Indarto dalam paparannya juga menyampaikan, adanya jaringan pita lebar atau broadband di desa wisata dan usaha kecil dan menengah memungkinkan seluruh potensi ekonomi dan budaya dapat terekspose ke dunia luar dengan memanfaatkan aplikasi layanan atau media sosial. Maraknya penggunaan gawai di Indonesia telah mendorong terbentuknya komunitas-komunitas seperti dunia bisnis, pariwisata, kuliner, hobi, hingga pelayanan KB dan pos pelayanan terpadu berbasis teknologi digital.
 
Sementara itu Rahmat Sutopo dari Dinas Kominfo DIY menyampaikan, KIM mempunyai peran yang sangat strategis dalam membangun komunikasi yang efektif bersama pemerintah daerah. Ia juga mengajak KIM untuk memerangi hoax yang beredar di masyarakat.

 

Komentar atas Kominfo Bantul Gelar Pertemuan KIM

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 
Kebijakan Privasi

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License