H. Setyo Pranyoto, S.Sos., Terima Penghargaan Dinas Kebudayaan

Mukhtarom 17 Desember 2021 08:34:00 WIB

KabArgodadi - H. Setyo Pranyoto, S.Sos., mantan Lurah Argodadi, menjadi salah satu dari 15 orang yang mendapat penghargaan dari Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul. Penghargaan diberikan kepada 15 orang seniman, budayawan, pelestari adat tradisi, dan pelestari cagar budaya di Kabupaten Bantul dengan rincian 5 orang tokoh seniman dan budayawan, 5 orang pelestari adat tradisi, dan 5 orang pelestari cagar budaya. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih didampingi Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul Nugroho Eko Setyanto, S.Sos., M.M., serta Kepala Dewan Kebudayaan Bantul Prof. Dr. Kasidi, M.Hum. di Hotel Grand Rohan, Banguntapan, Bantul, Kamis (16/12/2021).

Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul Nugroho Eko Setyanto, S.Sos., M.M. menyampaikan maksud dan tujuan pemberian penghargaan ini adalah memberikan apresiasi kepada penggiat seni atas sumbangsihnya, sehingga kesenian dan kebudayaan yang ditekuninnya bisa tetap lestari dan berkembang di masyarakat. Kemudian untuk pelestari adat dan tradisi juga diberikan penghargaan atas konsistensinya dalam melestarikan adat dan tradisi di daerah masing-masing, sehingga kegiatan yang penuh dengan nilai-nilai dan makna kehidupan dapat berlangsung hingga saat ini. Selain itu juga memberikan apresiasi kepada pala pelestari cagar budaya atas ketekunannya dalam merawat dan memelihara cagar budaya sehingga keberadaannya tetap terjaga dan dapat dimanfaatkan.

Penghargaan ini setiap tahun diberikan kepada 15 orang. Penghargaan untuk seniman dan budayawan setiap orang mendapatkan 15 juta rupiah, pelestari adat tradisi mendapatkan 20 juta rupiah, serta pelestari cagar budaya memndapatakan 15 juta rupiah.
 
Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih menyampaikan bahwa kebudayaan bangsa Indonesia yang mencerminkan nilai-nilai luhur bangsa harus terus dilestarikan guna memperkuat jati diri bangsa untuk meningkatkan harkat dan martabat kemanusiaan bangsa Indonesia. Ia juga mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada para seniman, budayawan, pelestari adat, dan pelestari cagar budaya yang mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Bantul, teriring harapan bahwa pengharagaan ini akan meningkatkan kemampuan, meningkatkan kepedulian terhadap pentingnya pelestarian nilai-nilai kebudayaan baik yang berupa benda, maupun yang tak benda.

Sumber : FB Pemkab Bantul

Komentar atas H. Setyo Pranyoto, S.Sos., Terima Penghargaan Dinas Kebudayaan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License