Kelompok Tani Kismo Dadi dan Pandanrejo Gelar Tradisi Wiwitan

Mukhtarom 16 Maret 2022 08:21:39 WIB

KabArgodadi - Kelompok Tani Kismo Dadi Padukuhan Sungapan Dukuh dan Kelompok Tani Pandanrejo Padukuhan Kadibeso menggelar tradisi wiwitan. Tradisi dilaksanakan di bulak Sungapan Dukuh dan bulak Pandanrejo, Minggu(13/3/2022). Hadir dalam acara tersebut, Lurah Argodadi, Bamuskal, penyuluh pertanian Kapanewon Sedayu, pengurus Kalurahan Budaya Argodadi, tim monitoring Kalurahan Budaya, pendamping Kalurahan Budaya, tokoh masyarakat, dan warga masyarakat.

Lurah Argodadi, Prayitno, menyampaikan bahwa tradisi wiwitan merupakan budaya adiluhung sejak nenek moyang. Namun, karena terdesak perkembangan jaman, wiwitan perlu dilestarikan, karena manfaatnya sangat besar, terlebih untuk mendukung kegiatan budaya di Kalurahan Argodadi sebagai Kalurahan Budaya. "Wiwitan merupakan kegiatan yang baik, sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT, dan rasa terima kasih kepada nenek moyang, dan saat ini kita tinggal menerima dan meneruskan yang diwariskan nenek moyang kita", tuturnya.

Tim Monitoring Kalurahan Budaya, Raden Mas Doni Satriyo, menyatakan, adanya tradisi wiwitan mewujudkan Kalurahan Argodadi betul-betul menjadi Kalurahan yang subur makmur. Kegiatan ini merupakan salah satu potensi budaya yang dimiliki Kalurahan Argodadi, dan nantinya bisa didukung Dinas Kebudayaan DIY, baik dalam pelaksanaan maupun kemasannya.

Sementara itu, Penyuluh Pertanian Kapanewon Sedayu, Lutfina, menyampaikan, kunci kekompakan kelompok tani bisa dilihat dari hamparan sawahnya. "Jika penanamannya kompak, biasanya kelompok juga kompak, tapi jika penanamnnya tidak kompak, berarti kelompok tersebut juga tidak kompak, jelasnya. Ia berharap kekompakan kelompok tani terus dipertahankan.

Komentar atas Kelompok Tani Kismo Dadi dan Pandanrejo Gelar Tradisi Wiwitan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License