Kirab Bregodo, Meriahkan Adat Suran Sungapan Dukuh

Mukhtarom 02 Agustus 2022 08:43:00 WIB

Kabargodadi - Warga Padukuhan Sungapan Dukuh menggelar adat Suran untuk menyambut tahun baru Islam 1444 H, Jumat (29/8/2022). Adat Suran merupakan adat yang dilaksanakan untuk menyambut tahun baru Islam, 1 Muharram atau yang biasa disebut bulan Suro.

Kegiatan ini dilaksanakan rutin setiap tahun. Namun karena pandemi Covid-19, dalam dua tahun terakhir, kegiatan tersebut ditiadakan. Hadir dalam acara tersebut, Sekretaris Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul (Drs. Fauzan Muarifin), Lurah Argodadi, Pamong Kalurahan Argodadi, Bamuskal, dan tokoh masyarakat.

Kegiatan diawali dengan kirab bregodo, diikuti warga Padukuhan Sungapan Dukuh menuju Joglo Sanggrahan, dengan dimeriahkan berbagai kesenian. Tak lupa, warga juga membawa jodang yang berisi makanan. Sesampainya di Joglo Sanggrahan, warga berkumpul untuk berdoa bersama, dilanjutkan pengajian, dan diakhiri dengan makan bersama.

Komentar atas Kirab Bregodo, Meriahkan Adat Suran Sungapan Dukuh

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License