Warga Cawan Siap Terima Titipan Gamelan

Mukhtarom 05 September 2022 08:44:19 WIB

KABARGODADI - Pemerintah Kalurahan Argodadi bersama pengurus Desa Budaya Kalurahan Argodadi menggelar sosialisasi penerimaan gamelan dari Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul, Jumat (2/9/2022). Bertempat di rumah Dukuh Cawan, acara ini dihadiri oleh Lurah Argodadi, Jagabaya, pengurus Desa Budaya, dan tokoh masyarakat Padukuhan Cawan.

Ketua Desa Budaya Kalurahan Argodadi, Sukarman, menyampaikan, Kalurahan Argodadi yang beberapa waktu lalu masuk sebagai rintisan Desa Budaya mendapatkan fasilitasi gamelan dari Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul. Gamelan tersebut nantinya akan dikelola masyarakat. "Setelah kami bermusyawarah dengan berbagai pihak, nantinya gambaran dari Pemerintah Kalurahan bersama pengurus Desa Budaya, gamelan tersebut akan dititipkan di Padukuhan Cawan", terangnya.

Dipilihnya Padukuhan Cawan adalah sebagai bentuk pemerataan kesenian, khususnya gamelan, sehingga nantinya dapat membantu pengembangan potensi kesenian di wilayah Argodadi bagian barat. Lurah Argodadi, Prayitno, menyampaikan, keberhasilan Kalurahan Argodadi sebagai Desa Budaya merupakan kerja sama antara pemerintah dengan kelembagaan dan masyarakat, sehingga pada tahun 2022 ini mendapatkan fasilitasi gamelan. Ia menambahkan, gamelan ini rencananya akan dititipkan di Padukuhan Cawan. "Jika warga Cawan sanggup untuk bertanggung jawab dengan merawat dan memanfaatkan, kami menitipkan gamelan dari Dinas Kebudayaan di Padukuhan Cawan", tuturnya. 

Sementara itu, tokoh masyarakat Padukuhan Cawan, Kartiyo, mewakili warga Padukuhan Cawan menyatakan siap menerima titipan gamelan. Ia menyampaikan terima kasih atas kepercayaan Pemerintah Kalurahan Argodadi kepada warga Padukuhan Cawan. Namun, ia tetap memohon arahan dari Pemerintah Kalurahan Argodadi dan Pengurus Desa Budaya agar semua berjalan dengan baik.

 

Komentar atas Warga Cawan Siap Terima Titipan Gamelan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License