Peringati Hari Santri dan Songsong Satu Abad NU, GMNU Sedayu Gelar Festival Hadroh

Mukhtarom 24 Oktober 2022 11:59:16 WIB

KABARGODADI - Dalam Rangka Peringatan Hari Santri Nasional tahun 2022, dan menyongsong satu abad Nahdlatul Ulama (NU), Generasi Muda Nahldatul Ulama (GMNU) Kapanewon Sedayu menggelar Festival Hadroh Kapanewon Sedayu, Minggu (23/10/2022). Bertempat di halaman balai Kalurahan Argodadi, festival ini diikuti sembilan grup hadroh dari wilayah Kapanewon Sedayu, dan mengambil tema “Menyongsong 1 Abad NU, Merajut Kebersamaan dengan Bersholawat”.

Festival dibuka oleh Panewu Sedayu, Anton Yulianto, A.P., M.I.P., dihadiri oleh Forum Koordinasi Pimpinan Kapanewon (Forkopimkap) Kapanewon Sedayu, Lurah Argodadi, pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) Kapanewon Sedayu, serta badan otonom NU Sedayu.  Dalam sambutannya, Anton Yulianto menyampaikan apresiasi kepada GMNU atas terselenggaranya Festival Hadroh Kapanewon Sedayu dalam rangka Hari Santri Nasional, dan menyongsong satu abad NU. Ia mengajak kepada para hadirin untuk kembali merenungkan apa yang sudah diperjuangkan para pendahulu, terutama para pendiri NU yang saat itu berjuang bahu membahu mengorbankan jiwa dan raga meraih dan mempertahankan kemerdekaan bersama elemen masyarakat lainnya. “Tentu nilai-nilai tersebut adalah nilai yang sangat utama, yang sangat mulia, yang itu wajib untuk kita pelihara menjadi ruh spirit dari perjuangan Nahdlatul Ulama sampai dengan saat ini dan berikutnya”, tuturnya.

Sementara itu, Ketua MWC NU Sedayu, K. Muhammad Zubaidi, menyampaikan, adanya festival hadroh merupakan wujud dari semangat para pemuda dalam memasyarakatkan budaya Islam, khususnya kesenian hadroh. Ia berharap, adanya festival ini dapat meningkatkan mahabbah kepada Nabi Muhammad SAW, dan nantinya akan muncul grup-grup sholawat di Kapanewon Sedayu.

Dalam festival tersebut, grup hadroh RMS dari Sukoharjo berhasil meriah juara pertama, diikuti Nababa Wamena dari Sungapan Dukuh sebagai juara dua, Zinatul Hayah dari Metes juara tiga, dan Nurul Ummi dari Sungapan Dukuh sebagai juara harapan.

Komentar atas Peringati Hari Santri dan Songsong Satu Abad NU, GMNU Sedayu Gelar Festival Hadroh

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License