Pemkab Bantul Serahkan Gamelan Kepada 9 Rintisan Desa Budaya

Mukhtarom 19 Desember 2022 08:56:56 WIB

KABARGODADI - Pemerintah Kabupaten Bantul menyerahkan gamelan pelog slendro kuningan kepada sembilan rintisan desa budaya di Balai Kalurahan Argodadi, Sedayu, Sabtu (17/12/2022). Sembilan desa tersebut adalah Girirejo, Muntuk, Tamantirto, Gadingsari, Parangtritis, Sendangsari, Srimulyo, Sriharjo, dan Argodadi. Penyerahan gamelan dimeriahkan dengan acara gelar potensi yang menampilkan berbagai jenis kesenian, di antaranya Jathilan Turonggo Mudho Tri Budhoyo dari Selogedong, Carong Argodadi, dan Drama Sastra Aji. Selain itu, juga dilaksanakan senam sehat, pembagian sembako, dan bazar UMKM.
 
Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Bantul, Nugroho Eko Setyanto, S.Sos., M.M., menyampaikan, sembilan desa rintisan budaya yang mendapatkan gamelan pelog slendro kuningan merupakan desa rintisan budaya pilihan usai menjalani proses seleksi dan penilaian sejak dua tahun lalu. "Gamelan pelog slendro kuningan ini diberikan kepada desa rintisan budaya terpilih yang memang sudah diseleksi oleh tim penilai Kabupaten Bantul sejak dua tahun lalu. Berdasarkan proses seleksi itulah, muncul sembilan desa rintisan budaya yang berhak menerima gamelan," jelas Nugroho. Nugroho menambahkan, pemberian gamelan ini akan berlanjut tahun depan. Saat ini, proses penilaian desa rintisan budaya yang akan diberi gamelan hampir rampung. Harapannya, gamelan yang diberikan kepada sejumlah desa rintisan budaya ini dapat dimanfaatkan untuk senantiasa melestarikan budaya di masing-masing wilayah.
 
Hadir dalam kesempatan yang sama, Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih. Ia berpesan, bahwa gamelan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Bantul ini selain dapat digunakan untuk melestarikan budaya, juga dapat memperkuat identitas bangsa. Warga Bantul harus berbangga memiliki budaya sendiri di tengah gempuran ideologi-ideologi maupun budaya anyar yang masuk ke Indonesia. "Pelestarian budaya ini harus kita lakukan bersama, untuk memperkuat identitas diri sebagai bangsa Indonesia. Jangan sampai anak cucu kita nanti lebih memilih dan mengenal budaya asing ketimbang budaya sendiri," pesan Halim. Sebagaimana yang tercantum dalam salah satu misi Kabupaten Bantul, yakni pengembangan sumber daya manusia unggul, berkarakter, dan berbudaya istimewa, Pemerintah Kabupaten Bantul selalu berupaya untuk membangun budaya di Bantul agar tetap memiliki karakteristik kuat. Tidak hanya lewat adat tradisi, tapi juga membangun sikap perilaku yang apik untuk dijadikan budaya sehari-hari.
 
Sumber : FB Pemkab Bantul
 

Komentar atas Pemkab Bantul Serahkan Gamelan Kepada 9 Rintisan Desa Budaya

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License