Desa Budaya Argodadi Serahkan Gamelan Kepada Padukuhan Cawan

Mukhtarom 25 Januari 2023 08:34:26 WIB

KABARGODADI - Pengurus Desa Budaya Kalurahan Argodadi menyerahkan gamelan kuningan hibah dari Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul kepada Padukuhan Cawan, Senin (23/1/2023) malam. Penyerahan dilaksanakan di wisata Praon Cawan, dihadiri oleh Panewu Sedayu, Lurah dan Pamong Kalurahan Argodadi, pengurus kelembagaan, pengurus Desa Budaya, dan tokoh masyarakat Padukuhan Cawan.

Gamelan tersebut merupakan bantuan dari Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul setelah Kalurahan Argodadi menjadi rintisan Desa Budaya, dan diserahkan secara resmi pada 17 Desember 2022. Dari diskusi pengurus Desa Budaya, Pemerintah Kalurahan Argodadi, dan beberapa tokoh masyarakat, disepakati bahwa gamelan akan ditempatkan di wilayah Argodadi Bagian Barat, hingga akhirnya diputuskan di Padukuhan Cawan. Ketua Desa Budaya Argodadi, Sukarman, menyampaikan, salah satu alasan dipilihnya Padukuhan Cawan adalah untuk mendukung pengembangan destinasi wisata Praon Cawan agar semakin berkembang. Selain itu, diharapkan nantinya akan muncul seniman-seniman yang berkualitas.

Lurah Argodadi, Prayitno, menyampaikan, gamelan tersebut merupakan bantuan untuk Desa Budaya Argodadi, dan dipercayakan kepada warga Cawan. Namun, meskipun gamelan tersebut ditempatkan di Padukuhan Cawan, kewenangan dan tanggung jawab tetap berada pada pengurus Desa Budaya Kalurahan Argodadi, sehingga jika nantinya keberadaan gamelan tersebut kurang terawat, bisa saja dipindahkan dari Padukuhan Cawan. Ia berharap, adanya gamelan tersebut dapat meningkatkan persatuan masyarakat, bukan justru meretakkan persatuan.

Dalam kesempatan tersebut, Panewu Sedayu, Anton Yulianto, A.p., M.I.P., juga meresmikan nama dari gamelan tersebut, yaitu Laras Kridho Utomo. Ia berharap, setelah diserahkan kepada Padukuhan Cawan, gamelan tersebut dapat dirawat dan dimanfaatkan untuk meningkatkan apa yang menjadi program Kalurahan Argodadi didukung Desa Budaya dan warga masyarakat. "Status Desa Budaya harus didukung warga masyarakat, termasuk Padukuhan Cawan" tegasnya.

Sementara itu, sesepuh Padukuhan Cawan, Kartiyo, menyampaikan, gamelan tersebut nantinya akan dimanfaatkan untuk melestarikan budaya karawitan ataupun kesenian lainnya. Ia berharap, gamelan tersebut dapat dimanfaatkan warga Cawan, dan Argodadi pada umumnya.

Komentar atas Desa Budaya Argodadi Serahkan Gamelan Kepada Padukuhan Cawan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License