Warga Bakal Gelar Tradisi Nyadran Ageng Panembahan Cokrowesi

Mukhtarom 06 Maret 2024 09:53:59 WIB

ARGODADI (6/3/2024) - Warga Padukuhan Bakal, Argodadi, menggelar tradisi Nyadran Ageng Panembahan Cokrowesi, Minggu (3/3/2024). Bertempat di komplek makam Panembahan Cokrowesi Bakal, acara ini dihadiri oleh Panewu Sedayu, Lurah Argodadi, Pamong Kalurahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, masyarakat, dan ahli waris makam Panembahan Cokrowesi.

Rangkaian acara Nyadran Ageng Panembahan Cokrowesi dimulai pada tanggal Sabtu (2/3/2024) malam, dengan agenda pentas kesenian religi Khadisiswo dari Padukuhan Sungapan Dukuh yang akan dilaksanakan mulai jam lapangan voli Bakal, tepatnya di sebelah selatan makam Panembahan Cokrowesi. Selanjutnya, pada Minggu pagi, mulai pukul 08.00 WIB diadakan kirab budaya yang akan melibatkan seluruh unsur masyarakat di Padukuhan Bakal. Kirab budaya membawa gunungan apem dan uba rampe dari Masjid Panembahan Cokrowesi menuju makam Panembahan Cokrowesi. Sesampainya di makam, gunungan apem yang dibawa oleh peserta akan didoakan dan dibagi untuk warga. Selanjutnya acara diisi dengan kesenian hadroh dan pengajian oleh Kyai Sarkowi.

Panewu Sedayu, Anton Yulianto, A.P., M.I.P., menyampaiakn apresiasi dan ungkapan kebahagiaan dengan adanya tradsi nyadran ini. "Saya sangat bahagia dengan adanya tradisi ini karena dengan tradisi ini terlihat kerukunan dari masyarakat yang tetap terjaga" terangnya. Ia menambahkan, tradisi nyadran ini memberikan beberapa manfaat, di antaranya sebagai wujud bakti kepada orang tua dan para leluhur, sebagai sarana untuk bersyukur kepada Allah SWT atas segala nikmat dan rahmat-Nya, serta sebagai sarana untuk melestarikan kebudayaan sebagai jatidiri masyarakat.

Komentar atas Warga Bakal Gelar Tradisi Nyadran Ageng Panembahan Cokrowesi

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License