Upacara Adat Baritan Sebagai Wujud Rasa Syukur Masyarakat

Mukhtarom 15 Agustus 2024 09:54:46 WIB

Argodadi - Padukuhan Cawan, Kalurahan Argodadi melaksanakan Upacara Adat Baritan yang berlangsung meriah di destinasi Wisata Praon Cawan, Minggu (4/8/2024).

Acara diawali dengan kegiatan senam bersama. Senam ini tidak hanya bertujuan untuk kesehatan, tetapi juga sebagai bentuk semangat dalam rangka memeriahkan Upacara Adat Baritan. Kemeriahan dilanjutkan dengan upacara adat Baritan, yang merupakan sebuah tradisi penting bagi masyarakat Padukuhan Cawan.

Hanu Lingga Purnama, Dukuh Cawan, menjelaskan bahwa Upacara Baritan bukan sekadar upacara adat, tetapi juga merupakan ungkapan rasa syukur masyarakat terhadap hasil pertanian yang melimpah. Acara tersebut juga dimeriahkan dengan pentas seni Jathilan, yang merupakan kesenian lokal. Pertunjukan Jathilan ini menjadi penutup yang sempurna untuk rangkaian acara, di mana penari-penari yang menggunakan kostum tradisional menampilkan gerakan yang menghibur.

Keberadaan Upacara Baritan sebagai bagian dari destinasi wisata Praon Cawan tentunya membawa dampak positif bagi perekonomian lokal. Diharapkan, melalui kegiatan ini, masyarakat setempat dapat menjaga tradisi dan terus berinovasi, sehingga upacara adat Baritan dapat berlangsung setiap tahun dan menjadi daya tarik wisatawan.

Komentar atas Upacara Adat Baritan Sebagai Wujud Rasa Syukur Masyarakat

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 
Kebijakan Privasi

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License