Merti kali Konteng Dusun Sungapan

Administrator 10 Desember 2017 18:31:34 WIB

KabArgodadi. Minggu (10/12) Dusun Sungapan mengadakan “Merti Kali Konteng” dengan tema “Wayuh Bareng-Bareng Podo Nglestarekaken Budoyo Ngayogya Hadiningrat Kanthi Merti Kali Konteng”. Merti kali Konteng ini bertujuan untuk melestarikan alam terutama ekosistem sungai. Turut hadir dalam acara ini yaitu Lurah Desa Argodadi, Camat Sedayu, Danramil Kecamatan Sedayu, kapolsek Sedayu.

                Ceremonial Merti Kali Konteng ini diawali dengan pengambilan air suci “Sendang Mulyo”, namun sebelum pengambilan air suci tersebut Bapak Wasito sebagai ketua panita menyerahkan “sarono” adat jawa yang berupa sesaji lengkap, ingkung ayam. Sesaji tersebut diserahkan kepada juru kunci Bapak Abdul Sadi. Setelah sesaji diterima juru kunci melakukan do’a, selanjutnya pengambilan air suci dari sedang oleh juru kunci, Bapak Rois, Danramil, Bapak lurah dan yang terakhir  Bapak  Camat sekaligus menebar benih ikan. Kemudian air Sendang Mulyo yang sudah diambil dibawa menuju ke Bali Dusun, Sungapan sekaligus peresmian Balai Dusun Sungapan dan peresmian Dusun Sungapan sebagai DPD Pangeran Diponegoro oleh Bapak Drs. Fauzan Mu’arifin, Camat Sedayu.

                Selanjutnya kirab jodang dari masing-masing RT menuju kali konteng untuk penandatangan prasasti, penyematan pelampung dan tebar benih 1.000 ikan nila, ikan sidat, dan lain-lain di Sungai Tempuran, kali konteng dan sungai progo. Merti kali Konteng juga dimeriahkan kesenian Jatilan dari sanggar seni Turonggo Mudo Sungapan. (Mel)

                

Komentar atas Merti kali Konteng Dusun Sungapan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License