STUDY BANDING KAMPUNG KB DINGKIKAN KE KAMPUNG KB JASEM SRIMULYO PIYUNGAN

21 Januari 2019 13:17:22 WIB

KabArgodadi. Kegiatan study banding yang diadakan oleh Kampung KB Dingkikan ke Kampung KB Jasem Srimulyo Piyungan, Ahad, 20 Januari 2019 disambut antusias oleh PLKB Piyungan, Dukuh Jasem, serta pengurus kampung KB jasem. Kegiatan study banding ini merupakan salah satu kegiatan yang bertujuan untuk menambah ilmu dan wawasan pengurus kampung KB Dingkikan dan memacu semangat untuk membangun kampung KB Dingkikan menjadi lebih baik.

Kegiatan ini diikuti sekitar 45 orang, juga turut hadir Drs. Fauzan Mu'arifin Camat Sedayu, Ketua TP PKK Kec Sedayu, Ngadimin (Lurah Desa Argorejo) dan Prayitno (Lurah Desa Argodadi), Dukuh Gunung polo, Dukuh Dingkikan, dan PLKB Kec Sedayu. Rombongan melakukan briefing pada pukul 07.50 WIB di Balai Dusun Dingkikan dan rombongan berangkat pada pukul 08.00 WIB dengan menggunakan Bus. Rombongan tiba di Dusun Jasem sekitar pukul 09.15 WIB, tepatnya  di rumah data kampung KB Dusun Jasem. Acara dimulai pada pukul 09.30 oleh Suprapto selaku dukuh jasem. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan daei PLKB kec Piyungan dan Camat sedayu. Setelah itu, dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai kampung KB dusun jasem yang disampaikan oleh Riris Yanuarti.

Acara yang berlangsung sekitar 3 jam tersebut, berisi tentang pengenalan kampung KB Dusun Jasem, pengelolaan kampung KB, pengelolaan rumah data, juga menjelaskan mengenai beberapa program kerja yang sudah dilaksanakan di kampung KB Jasem hingga menjadi salah satu kampung KB percontohan di kabupaten Bantul. Acara semakn meriah karena diselingi dengan nyanyian lagu aransemen karya pengurus kampung KB Jasem. Di samping hal itu, pemateri juga menjelaskan tentang sasaran utama kampung KB yaitu sebagai wadah untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga, meningkatkan ketahanan keluarga, dan meningkatkan 8 fungsi keluarga. Hal-hal yang disampaikan tersebut dapat dijadikan semangat memacu pengurus kampung KB Dingkikan untuk terus berusaha membangun masyarakat menuju kesejahteraan yang lebih baik.

Sesi tanya jawab menjadi salah satu sesi yang sangat ditunggu di acara tersebut. Terdapat beberapa pertanyaan menarik diantaranya adalah tips agar pengurus kampung KB lebih semangat dalam menjalankan tugasnya, bagaimana pengelolaan rumah data kampung KB, serta bagimana peran serta PIK-R dalam program KKBPK. Pertanyaan tersebut direspon sangat baik oleh Dukuh Jasem. Beliau menjelaskan bahwa salah kunci kesuksesan kampung KB adalah sikap kegotongroyongan di masyarakat. Jadi suatu program kerja tidak akan berjalan dengan baik tanpa adanya kerja sama dari semua pihak termasuk masyarakatnya. Sedangkan untuk pengelolaan rumah data, kampung KB Jasem membentuk kelompok khusus yang fokus mengelola rumah data tersebut.

Acara ditutup sekitar pukul 12.30 WIB. Rombongan kemudian melakukan sharing santai dengan Dukuh Jasem dan juga melihat-lihat administrasi kampung KB Jasem yang ada di Rumah data Kampung KB. Selanjutnya, rombongan melaksanakan ishoma dan kemudian melanjutkan perjalanan ke tempat wisata Candi Ijo dan Tebing Breksi. Hal ini dilakukan untuk menguatkan pengurus kampung KB dan menjaga kesolidan pengurus.

Komentar atas STUDY BANDING KAMPUNG KB DINGKIKAN KE KAMPUNG KB JASEM SRIMULYO PIYUNGAN

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License