Tradisi Mengarak Pengantin Baru Dengan Gerobak Dusun Sungapan

27 Februari 2019 08:04:18 WIB

KabArgodadi. (Senin/25/02/2019). Warga Sungapan RT.74 Argodadi, Sedayu, Bantul ikut berpatisipasi mengarak pengantin baru Deny Purwanto dan Endang Retno Damayanti dengan gerobak untuk menebar benih. Sepasang pengantin ini menebar benih ikan seberat 2kg yang berisi ikan Nila. Tebar benih dilaksanakan tepat pukul 15.00 WIB di Sungai Tempuran Sungapan.

 

Dalam acara ini sepasang pengantin baru dipersilahkan untuk duduk diatas gerobak yang sudah dihias dengan janur dan diarak oleh sebagian warga dari rumah pengantin menuju ke Tempuran Sungapan.

 

Fuady selaku Dukuh Sungapan menyatakan bahwa kegiatan ini akan terus dilaksanakan apabila ada hajatan pernikahan khususnya di Dusun Sungapan.

 

"Mengarak pengantin baru dengan gerobak untuk menebar benih ikan ke Tempuran Sungapan akan terus dilaksanakan, karena hal ini merupakan salah satu tradisi Dusun Sungapan,"pungkasnya.

Komentar atas Tradisi Mengarak Pengantin Baru Dengan Gerobak Dusun Sungapan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License