Kurangi Pengangguran, Disnaker DIY Gelar Job Fair

08 Oktober 2019 09:07:23 WIB

KabArgodadiDinas Tenaga Kerja danTransmigrasi DIY bekerja sama dengan Kementerian Ketenagakerjaan dan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta akan menggelar pameran kesempatan kerja atau biasa disebut sebagai Job Fair pada tanggal 8 s.d 10 Oktober 2019 bertempat di Gedung Graha Sabha Pramana UGM. Job Fair kali ini yang bertajuk “Job Fair & Career Expo” bisa dikatakan sebagai Job Fair akbar dengan melihat pada jumlah perusahaan yang berpartisipasi dalam even ini yaitusebanyak 112 perusahaan. Seluruh perusahaan akan menempati booth di lantai 1 dan 2 yaitu 70 booth di lantai 1 dan sisanya di lantai 2.

Perusahaan yang berpartisipasi tidak hanya dari wilayah DIY melainkan juga dari berbagai wilayah lain termasuk dari luar Jawa seperti Balikpapan. Oleh karena itu bagi para pencari kerja agar mencatat tanggal pelaksanaannya dan jangan lupa untuk mendapatkan tiket masuk secara gratis dengan mendaftar secara online melalui situs web pada alamat http://e-bursakerja.kemnaker.go.id. Pengunjung (pencari kerja) nantinya tinggal menunjukkan QR Code yang didapat saat registrasi sebagai syarat masuk ke arena Job Fair. Bagi pencari kerja yang pernah mengikuti Job Fair di tempat lain sebelumnya dan pernah mendaftar di laman tersebut tetap harus registrasi kembali untuk masuk ke Job Fair di UGM ini.

Selanjutnya perlu diketahui bahwa dari 112 perusahaan tersebut sebanyak 40 perusahaan di lantai 1 akan mengikuti Job Fair selama 3 hari (8 - 10 Oktober) sementara sisanya (30 perusahaan dilantai 1 dan seluruh perusahaan di lantai 2) mengikuti Job Fair selama 2 harisaja (8 dan 9 Oktober 2019). Job Fair setiap harinya dilaksanakan mulai pukul 9 pagi dan diakhiri pada pukul 4 sore.

Bagi Disnakertrans DIY sendiri pelaksanaan Job Fair kali ini merupakan kali ketiga di tahun 2019 ini setelah sebelumnya menggelar even serupa di UPN Veteran Yogyakarta pada bulan Juli 2019dan di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada bulan September 2019. Job Fair sejauhini dipandang sebagai sebuah even yang penting dan masih sangat diperlukan dalam upaya fasilitasi penempatan tenaga kerja untuk mengurangi tingkat pengangguran. Job Fair berfungsi untuk mempertemukan tenaga kerja dengan pemberi kerja sehingga tenaga kerja dapat memperoleh pekerjaan yang diinginkannya dan pemberi kerja memperoleh tenaga kerja yang dibutuhkan.

Penyelenggara tentu berharap akan ada banyak pencari kerja yang datang ke Job Fair. Namun demikian perlu diingat bahwa keberhasilan sebuah job fair tidak semata dilihat pada seberapa ramainya pengunjung melainkan seberapa banyak pengunjung tersebut mendapatkan pekerjaan,atau dengan kata lain berapa banyak terjadi penempatan tenaga kerja. Oleh karena itu komitmen perusahaan untuk menyampaikan laporan sesuai ketentuan yang berlaku sangatlah diharapkan untuk mengukur seberapa efektif pelaksanaan Job Fairdan sebagai bahan evaluasi untuk terus memperbaiki pelaksanaannya.

Meskipun dilaksanakan di UGM,namun pada dasarnya tersedia lowongan untuk berbagai jenjang pendidikan darisemua jurusan termasuk untuk tingkat SMA / SMK. Tidak hanya itu, Job Fair juga menghadirkan perusahaan yang memiliki lowongan untuk penyandang disabilitas. Adanya lowongan kerja bagi penyandang disabilitas ini menunjukkan semakin diakuinya kiprah dan kinerja saudara-saudara penyandang disabilitas yang tidak kalah dengan pekerja lainnya.(TBA/7-10-19)

Sumber : https://nakertrans.jogjaprov.go.id/dtlberita/c_dtlberita/baca/PSCnMDcxMmgbmopE3pA7CKDoaWjsZizFd8isFr6psJ4

Komentar atas Kurangi Pengangguran, Disnaker DIY Gelar Job Fair

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License